5 Cara Mengatasi Batuk Bagi Ibu Hamil

Agen Bola Terpercaya
Taruhan Bola

Mengatasi batuk yang diderita oleh ibu hamil tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan. Ibu hamil perlu memperhatikan pemilihan obat yang tepat sehingga kondisi janin di dalam kandungan selalu sehat. Anda perlu hati-hati saat membeli obat di apotek ataupun toko obat lainnya sebab obat-obatan yang di jual bebas tersebut belum tentu cocok untuk ibu hamil. Anda perlu membaca kandungan obat yang terdapat di dalamnya apakah sesaui dengan kondisi anda ataupun tidak. Tentu akan lebih baik bila anda tak mengkonsumi obat sembarangan saat batuk.

Berikut kami sajikan tips bagi ibu hamil yang ingin mengatasi batuk:

  1. Mintalah resep obat batuk dari dokter: Batuk yang dirasakan oleh ibu hamil sangat menyiksa. Saat batuk tak tertahankan anda tanpa sadar sering mengeluarkan air kecil. Selain itu perut bagian bawah juga tertekan. Kondisi ini tak baik untuk kesehatan janin. Untuk mengatasi batuk tersebut anda lebih baik berkunjung ke dokter sehingga dokter bisa meresepkan obat batuk yang sesuai untuk ibu hamil. Obat batuk yang diberikan oleh dokter lebih aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil daripada anda memilih obat batuk yang dijual bebas di apotek.
  2. Air perasan jeruk nipis.: Bila anda malas untuk petgi ke dokter, anda bisa memilih obat batuk yang lain dan sehat untuk tubuh. Obat batuk alami tidak mengandung bahan kimia yang berakibat buruk bagi kesehatan janin. Anda bisa mengkonsumsi air perasan jeruk nipis hangat. Tambahkan satu sendok makan madu supaya tenggorokan lebih hangat. Biasanya masyarakat juga sering menambahkan kecap pada air perasan jeruk nipis untuk mengatasi batuk.
  3. Air rebusan jahe: Bila ingin menghangatkan tubuh dan mengobati sakit batuk, anda bisa menggunakan air rebusan jahe. Ambil satu rimpang jahe dan rebus dengan satu gelas air putih. Wedang jahe ini ampuh untuk melancarkan sistem pernafasan.
  4. Air rebusan sereh: Anda bisa memilih obat batuk alami yang murah meriah dan aman untuk ibu hamil. Siapkan saja gula batu, 2 batang sereh, 3 lembar daun jeruk dan  3 gelas air putih. Rebus semua bahan tersebut hingga mendidih. Minumkan pada ibu hamil saat ramuan tersebut masih hangat.
  5. Air perasan kencur: Gunakan air perasan kencur untuk mengatasi batuk pada ibu hamil. Anda bisa memarut kencur dan peras untuk mengambil sarinya. Kemudian anda bisa menambahkan sedikit garam sebelum diminumkan kepada ibu hamil.