7 Penyebab Nyeri Perut Saat Hamil

Agen Bola Terpercaya
Taruhan Bola

Nyeri perut saat hamil bisa diakibatkan oleh beberapa penyebab yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya. Nyeri pada perut bisa dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Perut bagian bawah biasanya menjadi langganan rutin yang membuat anda tak nyaman saat kehamilan. Sebagian besar sakit pada perut tersebut tidak berbahaya namun anda juga tak boleh menyepelekan nyeri perut tersebut. Bisa jadi merupakan gejala dari masalah kesehatan yang cukup parah dan serius.

Berikut adalah beberapa penyebab nyeri perut saat hamil:

  1.  Batu Empedu: Saat anda dalam kondisi hamil seringkali kantong empedu tidak bisa bekerja secara aktif untuk memecah lemak sehingga terbentuk batu empedu yang menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada bagian perut. Untuk menghindari terbentuknya batu empedu, periksakan kesehatan ibu hamil secara rutin
  2. Infeksi Ginjal: Nyeri perut saat hamil juga bisa diakibatkan oleh infeksi ginjal. Rasa sakit biasanya terasa pada perut bagian bawah. Anda perlu memeriksakan diri sehingga infeksi ginjal yang terjadi tidak semakin parah.
  3. Keguguran: Waspada dengan nyeri perut pada awal kehamilan. Bisa jadi anda mengalami keguguran. Perhatikan apakah nyeri perut disertai keluarnya darah atau tidak. Bila darah juga ikut keluar, anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.
  4. Sindrom HELLP: Penyebab nyeri perut saat hamil selanjutnya adalah sindrom HELLP. Sindrom ini biasanya terjadi saat usia kehamilan sudah mencapai tiga bulan terakhir. Nyeri dialami pada bagian sisi kanan atas perut. Ibu hamil pun juga bisa mengalami anemia dan pembekuan darah.
  5. Kehamilan Ektopik: Kehamilan ektopik merupakan penyebab nyeri hamil yang cukup berbahaya dan perlu ditangani secara serius oleh dokter. Kehamilan ektopik yang dibiarkan saja bisa berujung pada pendarahan dan komplikasi. Kehamilan ektopik terjadi saat embrio terletak di luar rongga rahim bisa pada daerah perut, indung telur atau leher rahim.
  6. Preeklamsia: Pada trimester kedua dan ketiga. Banyak ibu hamil yang menderita tekanan darah tinggi mengalami nyeri perut yang disebut dengan preeklamasia. Kondisi ini juga terjadi akibat tingginya kandungan protein dalam urin. Masalah kesehatann yang satu ini juga berakibat buruk pada organ tubuh penting lainnya seperti hati, otak dan ginjal.
  7. Radang Usus Buntu : Penyebab nyeri perut saat hamil yang terakhir adalah radang usus buntu. Pembesaran uterus kerap terjadi pada ibu hamil yang mengakibatkan iritasi pada usus buntu. Ibu hamil biasanya akan merasakan sakit yang hebat pada bagian atas perut. Radang usus buntu perlu segera diobati karena bisa berakibat buruk selama kehamilan.