Bahaya Penyakit Hewan Pada Manusia

Agen Bola Terpercaya
Taruhan Bola

Penyakit hewan sering menular pada manusia. Memiliki hewan peliharaan merupakan salah satu hal yang paling menyenangkan. Anda akan gemas rasanya melihat tingkah lucu hewan peliharaan tersebut di rumah. Selain membuat anda gemas, anda tak akan merasa kesepian saat menyaksikan tingkah polah hewan lucu tersebut. Namun pastikan hewan peliharaan yang ada di rumah sehat dan tidak membuat anda tertular penyakit berbahaya.

Berikut adalah beberapa jenis penyakit hewan yang bisa ditularkan kepada manusia:

Cacing Tambang

Hati-hati dengan kotoran hewan peliharaan di rumah. Jangan sampai anda menginjak kotoran tersebut tanpa alas kaki sebab cacing tambang yang terdapat pada kotoran hewan bisa masuk  ke dalam tubuh melalui kulit kaki. Hewan peliharaan rentan sekali terkena cacing tambang. Kebanyakan dari mereka bisa tertular akibat kotoran hewan lain.

Scabies

Kandang dan peralatan yang digunakan oleh hewan peliharaan juga bisa menularkan penyakit hewan pada manusia. Bila anda tidak menjaga kebersihan hewan, anda akan ikut tertular penyakit scabies. Penyakit ini akan membuat kulit tubuh kemerahan karena gatal-gatal yang ditimbulkan. Selalu cuci bersih tangan setelah menyentuh hewan peliharaan. Jangan lupa lakukan vaksinasi terhadap hewan secara rutin.

Penyakit Lyme

Borrelia burgdoferi merupakan bakteri yang menyebabkan penyakit lyme. Mereka yang terkena infeksi bakteri ini akan mengalami gangguan kesehatan pada ginjal dan juga sistem kekebalan tubuh. Yang menjadi media penyebaran penyakit lyme adalah kutu.

Cacing Gelang

Bagi anda yang memiliki hewan peliharaan di rumah harus selalu menjaga kebersihan kandang dan juga hewan peliharaan itu sendiri. Kebanyakan anjing dan kucing sering terinfeksi cacing gelang dari induknya. Telur cacing gelang tersebut seringkali terbawa di kotoron mereka. Alhasil anda harus selalu memakai sarung tangan dan alas kaki saat membersihkan kandang.

Toksoplasmosis

Penyakit hewan yang paling banyak menyerang wanita adalah toksoplasmosis. Penyakit ini disebarkan oleh kucing. Pastikan anda selalu memeriksakan diri apakah bebas dari toksoplasmosis atau tidak bila memiliki kucing peliharaan di rumah. Wanita dengan toksoplasmosis harus menghilangkan penyakit ini terlebih dahulu bila ingin hamil supaya penyakit tersebut tidak berdampak buruk bagi kesehatan kandungan.