Batu Sejarah Paling Kondang

Agen Bola Terpercaya
Taruhan Bola

Diantara benda-benda peninggalan jaman dulu, ada yang wujudnya berupa batu. Diantara batu-batu tersebut yang paling terkenal di dunia adalah batu Hajar Aswad yang ada di kota Mekkah Arab dan menyatu dengan bangunan Ka’bah di Masjidil Haram. Pada jaman dulu, batu tersebut sebenarnya berwarna putih perak namun saat ini sudah berubah menjadi hitam.

Batu Hajar Aswad ini sendiri terdiri dari delapan bagian dan diikat menjadi satu menggunakan logam perak. Meski hanya berupa batu namun Hajar Aswad punya aroma yang sangat harum dan wangi. Orang Muslim yang sedang melakukan ibadah haji maupun umrah banyak yang saling berebut ingin menciumnya.

Batu terkenal lainnya yaitu Rosseta yang berasal dari negara Mesir dan wujudnya berupa prasati kuno. Prasasti tersebut adalah tulisan yang berisi dekrit atau keputusan yang dibuat oleh pemuka agama ketika Ptholemeus V dinobatkan menjadi raja. Tulisan tersebut menggunakan huruf Mesir kuno yang dinamakan dengan Hieroglif. Ketika pertama kali ditemukan, batu ini menempel pada sebuah bangunan benteng.

Namun saat ada pasukan dari Perancis, batu ini kemudian diambil pada tahun 1799 dan saat ini disimpan di British Museum. Tulisan prasasti pada batu yang beratnya mencapai 760 kilogram itu berhasil diterjemahkan oleh seorang ahli sejarah bernama Jean Francois Champollion pada tahun 1822. Saat ini pemerintah Mesir sedang berusaha untuk meminta batu itu kembali.

Batu sejarah terkenal lainnya adalah Ayers Rock atau Uluru yang ada di Taman Nasional Alice Springs Australia. Batu Uluru ini merupakan peninggalan suku Aborigin dan berasal dari jaman Monolit. Selain umurnya sudah sangat tua, batu ini juga tercatat sebagai batu tua tunggal yang ukurannya paling besar di dunia. Karena itu UNESCO menetapkanya sebagai salah satu warisan budaya yang harus dilindungi.

Batu Gibratar atau Pilar Hecules dan sering juga dinamakan dengan batu Calpe yaitu batu kapur ukuran raksasa yang terletak di Liberia serta punya ukuran yang sangat tinggi yaitu 426 meter. Dari selat Giblatar yang berada di laut Mediterania, batu ini bisa terlihat dengan jelas. Meskipun  punya ukuran yang sangat besar dan banyak dikunjungi orang dan diyakini dibuat pada era pra sejarah, namun cerita masa lalu tentang Batu Gibratar ini belum diketahui secara pasti.

Batu sejarah lain yang juga sangat terkenal adalah batu Blarney yang ada di Irlandia serta terdiri dari beberapa bagian dan warnanya biru. Batu tersebut sebenarnya berasal dari Skotlandia lalu diberikan kepada pemerintah Irlandia sebagai tanda persahabatan.