Bayi Sudah Lahir Ketuban Tidak Pecah

Agen Bola Terpercaya
Taruhan Bola

Sebelum proses kelahiran bayi terjadi, biasanya didahului suatu peristiwa dimana ketuban akan pecah. Namun di Yunani belum lama ini terjadi suatu kejadian yang sangat unik yaitu bayi lahir di ketuban yang belum pecah dan kondisinya masih utuh.

Namun untungnya Dr Tsigiris, seorang dokter kandungan yang tinggal di daerah Marousi yang letaknya tidak terlalu jauh dari kota Athena berhasil menyelamatkan persalinan tersebut. Padahal kasus seperti ini sangat langka dan jarang terjadi, hanya ada satu diantara 80 ribu kelahiran bayi.

Kondisi bayi yang lahir dalam ketuban yang masih utuh dinamakan kelahiran terselubung atau en caul. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 yang lalu, peritiwa seperti ini merupakan kejadian alam yang bertujuan untuk melindungi bayi yang lahir secara prematur atau lebih awal dari perkiraan.

Bayi yang lahir tersebut kondisinya belum terlalu kuat namun mendapat perlindungan sehingga tidak akan mendapakan tekanan keras yang muncul dari dinding rahim atau perut ibunya. Seperti yang yang diungkap Medical Daily, Dr Tsigiris menyatakan kekagumannya menyaksikan sebuah peristiwa yang sangat menakjubkan ini.

Meski lahir dalam suatu tabung atau kantong yang isinya adalah cairan, namun bayi tetap dapat terjamin keselamatannya. Hal ini dikarenakan bayi tidak mungkin bisa tenggelam bahkan terus mendapat asupan makanan atau nutrisi dan oksigen dari plasenta melalui tali pusat di pusar.

Meskipun demikian bayi tersebut tetap harus dikeluarkan secepat mungkin dari kantong ketuban. Tujuannya adalah agar bisa segera menghirup udara dari luar. Oleh karena itu kantong tersebut harus dipecahkan dengan teknik tertentu yang sangat sederhana dan dinamakan dengan metode  amniotomi yang artinya mengaitkan membran pada kantung agar bisa terbuka.

Setelah teknik ini berhasil dilakukan dengan baik, Dr Tsigiris mengunggah foto bayi yang masih berada dalam kantung dalam akun facebook miliknya. Dalam waktu satu hari saja foto tersebut mampu mendapat pernyatakan suka sebanyak 10 ribu jempol.

Dan hingga awal bulan Juni, foto ini sudah disebarkan oleh pengguna facebook lainnya hingga delapan ribu kali dan mendapatkan komentar dari 800 orang. Hampir semua komentar tersebut berisi pujian dan ungkapan perasaan kagum dan takjub atas proses kelahiran bayi ini.

Jaman dulu di Eropa proses kelahiran bayi yang sangat unik bahkan aneh ini sering dihubungkan dengan hal-hal yang berkaitan dengan dunia mistik maupun ghaib. Bidan yang menangani bayi ini sering mengasih kantung empedu pada ibu si bayi dan disimpan sebagai benda pusaka atau jimat.