Penyebab Kaki Kram di Malam Hari

Agen Bola Terpercaya
Taruhan Bola

Ketahui penyebab kaki kram di malam hari bila anda ingin selalu tidur nyenyak setiap malam. Kram merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bisa merusak waktu istirahat anda di malam hari. Seringkali banyak wanita terbangun tiba-tiba di malam hari karena kaki yang terasa pegal dan kesemutan. Kondisi ini tidak boleh anda biarkan begitu saja bila tak ingin waktu istirahat terganggu. Cari tahu terlebih dahulu penyebabnya bila anda ingin lepas dari gangguan kesehatan ini.

Berikut beberapa penyebab kaki kram yang perlu anda hindari:

Kekurangan mineral

Kadar mineral di dalam tubuh yang kurang merupakan penyebab kaki kram. Pastikan tubuh tidak kekurangan kalsium dan potassium sehingga peredaran darah selalu lancar dan anda tidak akan mengalami kaki kram. Anda bisa mendapatkan potassium dengan mengkonsumsi pisang. Untuk kalsium, anda cukup minum susu rendah lemak.

Sirkulasi darah kurang lancar

Penyebab kaki kram yang paling utama adalah tidak lancarnya sistem peredaran darah di dalam tubuh terutama aliran darah yang menuju kaki. Pasokan darah yang kurang pada kaki membuat kaki jadi pegal-pegal dan kram. Untuk menghindari sirkulasi darah yang kurang lancar, anda bisa melakukan peregangan pada kaki. Bila perlu anda bisa mengompres kaki menggunakan air hangat sebelum tidur. Bila anda punya minyak esential di rumah, gunakan untuk mengurut kaki sebentar. Peredaran darah akan kembali lancar setelah dimassage.

Cedera otot

Cedera otot memang bukan hal yang menyenangkan namun masalah kesehatan yang satu ini pasti pernah dialami oleh setiap orang. Cedera otot bisa menyebabkan kram pada kaki yang cukup hebat. Pastikan anda tidur cukup dan mengurut bagian kaki yang cedera dengan minyak hangat agar kaki yang cedera segera sembuh. Bila tak kunjung sembuh anda  bisa berkunjung ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Dehidrasi

Asupan cairan yang kurang juga merupakan penyebab kaki kram di malam hari. Saat tubuh kekurangan cairan, sirkulasi darah jadi tidak lancar. Akibatnya kaki pun menjadi kram dan pegal-pegal. Anda perlu mengasup air putih paling tidak 2 liter setiap harinya supaya tubuh tidak kekurangan banyak cairah. Dapatkan pula cairan tubuh dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan air.